Info! Ini Efek Kekhilafan Orangtua yang Membuat Anak Ketagihan Gadget

Ilustrasi anak ketagihan gadget
Ilustrasi anak ketagihan gadget

GadgetSehatDengan hadirnya berbagai jenis gadget serta mudahnya untuk mendapatkan gadget tersebut dengan harga yang bahkan sangat terjangkau, ini menjadi beberapa inisiatif orangtua untuk menghadiahkan gadget tersebut kepada sibuah hatinya dengan alasan anak bisa senang bermain dengan berbagai sajian yang ada di gadget tersebut, dan berharap anak tidak rewel sehingga menyita banyak waktu kerjanya.

Tanpa mengawasi mereka bermain dengan perangkat tersebut, ini akan jadi bomerang sendiri kepada orangtua tersebut jika kelak anaknya menjadi maniak gadget atau tidak bisa lepas dari yang namanya gadget. Dan Tanpa sadar, orangtua-lah yang mendorong anak menggunakan gadget secara berlebihan.

Bila kekhilafan orangtua ini tidak segera dibenahi, akan dampak negative yang akan berpengaruh pada perkembangan anak yang akan ditinjau dari sisi psikologis yaitu :

1.Perkembangan fisik 
Dengan seringnya bermain gadget anak tidak akan banyak bergerak dan mengurangi aktivisas fisik si anak, dengan tidak adanya aktivitas fisik, anak-anak dapat dengan mudah menjadi mangsa banyak penyakit, salah satunya akan membuatnya obesitas.

2.Perkembangan inteligensi 
Karena mudahnya mengakses berbagai informasi lewat gadget, anak menjadi tidak bisa berpikir dengan cepat dalam menyelesaikan masalah, kurang terampil, menjadi tidak sabaran, dan sulit untuk berkosentrasi. Hal ini tentunya sangat berpengaruh dengan prestasinya di dunia pendidikan.

3.Perkembangan social dan emosi 
Anak akan bergaul dengan teman-temannya lewat dunia maya, sehingga anak tidak berinteraksi secara langsung. Dari aspek emosi akan menyebabkan kecanduan dan perilaku kurang sadar. Dan bukan tidak mungkin anak tersebut nantinya kesulitan berkomunikasi secara langsung di dunia nyata. 

4.Perkembangan moral 
Dengan mudahnya mengakses, tanpa pemantauan orang tua anak akan tregoda untuk membuka situs-situs porn*grafi atau kekerasan, yang pada akhirnya anak-anak tertarik untuk melakukannya secara nyata. Terbukti sekarang dari banyaknya kasus pelecehan sesksual yang dilakukan oleh anak-anak di bawah umur. 
Sebelum poin-poin diatas terjadi ke anak anda, alangkah baiknya sebagai orangtua yang menyayangi anaknya akan selalu mengawasi ketika si anak bermain dengan gadget dan sebisa mungkin mengatur waktunya untuk bermain dengan gadget.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Info! Ini Efek Kekhilafan Orangtua yang Membuat Anak Ketagihan Gadget"