Info! Pengertian Dan Contoh Filter Internet

Ilustrasi Filter Internet
Ilustrasi Filter Internet
Seperti kita ketahui bersama selain banyak informasi-informasi positif yang bisa kita dapatkan di internet juga banyak sekali informasi negatif dalam berbagai kategori yang harus kita hindari ada di internet, berikut kita akan membahas sedikit cara berinternetan sehat dengan filter internet.

Apa Itu Filter Internet?
Perangkat lunak filter internet (internet filter  software) yaitu aplikasi yang berfungsi untuk membatasi kesempatan akses keberbagai situs web ketika komputer dinyalakan dan terhubung ke internet. Sesuai dengan kategori usia dan derajat pembatasan, maka piranti lunak ini memberikan alternatif pilihan akses yang dapat diatur secara manual.
Software ini akan menyaring isi situs web yang pornografis, vulgar, bernuansa eksesif kekerasan dan hal lainya. Demikian juga fungsi untuk menguasai setiap jejak akses, serta menghalau akses ke situs web dan newsgroup tertentu yang mengisyaratkan isi sejenis. Untuk menjauhkan anak‐anak dana remaja dari ruang chatting yang  mencurigakan dan  melaporkan aktifitas  online  mereka,  maka  piranti  lunak  filter sangat efektif.
Namuh demikian, betapapun cermatnya pengaturan, jika mereka sudah mengetahui dan mencoba menyalahgunakan, dengan mematikan setting filternya, maka akan menjadi sia‐sia. Berapapun mahal piranti lunak filter, jika setting tidak dinyalakan akan membawa dampak yang nihil alias tidak ada guna. Oleh karna itu, perlu kejelian dan ketelitian orang tua, untuk setiap saat memeriksa apakah setting filter selalu terpasang dan berpungsi aktif.
Menggabungkan  penggunaan  filter  internet  dengan  pengawasan  langsung  orang  tua adalah cara terbaik dalam melindungi kepentingan anak dan remaja secara online. Bahkan, dengan menumbuhkan kelompok relawan pemanfaatan telematika yang secara bergiliran melakukan  pengawasan  akses  internet  baik  ditingkat  komunitas  ataupun  perorangan dalam keluarga, akan lebih efektif dibandingkan menyerahkan kepada aparat penegakan hokum.
Berikut adalah rekomendasi filter internet yang bersifat bebas untuk penggunaan :
1.   K9‐webprotection (Windows)
2.   Naomi. (Windows)
3.   File_sharing_sentinel (Windows)
4.   Parental control (Windows)
 5.   We‐blocker (Windows)
6.   Censornet (Linux)
7.   Gansguardian (Linux)
Atau dapat menggunakan versi komersial seperti :
1.   NetNanny
2.   Cyberpatrol
Dan masih banyak lagi program filter internet lainnya yang bisa membantu kita dalam mengamankan akses internet yang sehat bagi keluarga. Mungkin hanya ini yang bisa paparkan artikel tentang Internetan Sehat Dengan Filter Internet, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan Terima Kasih telah berkunjung. Keep Positif J

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Info! Pengertian Dan Contoh Filter Internet"

Post a Comment