Tips! Menjaga Mata Tetap Sehat Meski Sering Memandang Gadget


Kini internet seakan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia, terutama di kota-kota besar. Tak peduli dimanapun tempatnya, dalam satu ruangan pasti akan ada lebih dari satu orang yang kepalanya menunduk ke bawah sementara matanya terus tertuju ke arah layar display.

Sejumlah pengguna bahkan lebih parah lagi; setelah seharian disibukkan oleh pekerjaan dan mengharuskan mereka berhadapan dengan layar monitor komputer, sepulang kerja masih juga disibukkan dengan kegiatan bersosialisasi yang terwakili via smartphone ataupun tablet.

Selain otot-otot di sekitar pundak yang lelah karena terus-menerus menyangga beban kepala, otot-otot mata juga otomatis menjadi organ tubuh yang paling tegang selama berjam-jam demi memenuhi tuntutan tersebut. Jika mata Anda mulai terasa lelah dan hal tersebut sangat susah untuk ditahan, maka Anda mungkin telah terkena CVS alias Computer Vision Syndrome. Tanda-tanda terjadinya serangan CVS meliputi pusing, mata terasa kering, pandangan kabur, juga rabun jauh permanen.

Untuk meningkatkan kesadaran mengenai gejala CVS pada para pengguna secara umum, The Atlantic baru saja membuat sebuah video panduan yang ditujukan untuk membantu Anda dalam mencegah terjadinya gejala CVS. Website Visual.ly juga baru saja memposting infografis tentang panduan untuk mencegah terjadinya CVS. Secara garis besar, Anda hendaknya rutin mengistirahatkan mata Anda dan memalingkan pandangan dari layar untuk beberapa waktu.

Salah satu cara termudah adalah mengikuti trik 20-20-20: pastikan Anda untuk mengalihkan pandangan pada obyek apapun yang letaknya 20 kaki (sekitar 3,5 meter) selama 20 detik setiap 20 menit. Mudah sekali bukan?

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips! Menjaga Mata Tetap Sehat Meski Sering Memandang Gadget"

Post a Comment